Monday 18 December 2006

Download Video From YouTube


Mungkin sebagian besar diantara kita sudah mengenal atau sekedar mengetahui keberadaan sebuah situs sharing video yang sedang terkenal saat ini yaitu YouTube. Awalnya gw sendiri gak terlalu ngeh dengan keberadaan situs ini, tapi ko` akhir-akhir ini ko` jadi sering banget jadi bahan berita di detik.com, mulai dari penggunanya yang terus melonjak, digugatnya YouTube oleh Utube karena trafik melonjak akibat banyak salah url, isu bakal diambil alihnya youtube oleh Google, dll.

Fenomena ini cukup bikin gw penasaran, alhasil seminggu terakhir ini, Youtube jadi situs wajib yg selalu gw buka selain YahooMail n Dudung.net. Dari hasil mengamati youtube selama seminggu terakhir, gw salut juga neh sama situs ini coz streamingnya tuch cepet banget gak kaya beberapa situs video sharing yang pernah gw coba sebelomnya kaya metacafe, putfile, singingfool, etc.
Koleksi youtube ini juga sejauh ini gw pikir juga paling komplit, gimana gak gw bilang komplit coba, dari mulai video lucu ada, peristiwa2 jadul ada, video klip dari yang western sampe yang eastern ada, film Indonesia dari yang jadul sampe yang belom terlalu lama juga ada (klo gw akhir2 ini seneng nyari film warkop).

Nah dari kekaguman gw atas situs ini, gw jadi kepikiran kenapa gak gw save aja neh video2 unique yang ada di sini, lumayan buat nonton klo lagi di kost-an. Cuma klo kita geledah isi page dari YouTube ini, kita gak bakal nemuin link buat downloadnya. Buat yang sedikit ngerti web developer tapi belom pernah ngunjungin YouTube mungkin ngasih saran buat liat source file-nya terus di save-as. Wah ternyata YouTube emang pinter, setau gw klo tools view source standard yang ada di browser gak bisa identify source videonya. Emang sech YouTube udah memperkirakan itu semua, klo semua videonya bisa di-save, gak bakal bolak-balik ke situsnya dech.
Trus... gimana cara download video di Youtube ini donk ????

Nah gw udah dapet neh caranya dari hasil googling, mo tau ????? Begini neh caranya :

  1. Buka Youtube pake browser mozilla, klo selain pake mozilla bisa juga sech cuma caranya sedikit ribet dan gak flexible. Blom punya mozzilla, download aja di sini. Enak ko` pake mozzilla coz berdasarkan pengalaman gw, neh browser relatif paling stabil n enak pakenya dibanding yang laen.
  2. Nah klo udah pake mozilla, download plug-in buat download video di Youtube, namanya Video Downloader. Terakhir gw tulis ini, versi yg keluar 2.0, downloadnya di sini.
  3. Selesai di download terus di-install dech, biasanya abiz install plug-in pasti disuruh restart mozilla firefox-nya (ya udah ikutin aja, gak susah ini :p)
  4. Sekarang coba buka Youtube terus pilih dan play video yang mo di download. Lihat di Pojok kanan bawah browser, ada icon plug in yang kita install tadi.
  5. Icon plug in tersebut kita klick dech (di atas gw kasih warna merah), nanti bakal muncul pop up yang ngasih tau kita link downloadnya, kaya di bawah ini.
  6. Klick dech bagian yang gw lingkarin merah, tapi di akhir nama file kita kasih extension tambahan .flv.


Akhirnya sekarang kita sudah dapet file video yang kita mau dan bisa dimainkan di player yang support dengan extension FLV. Buat yang belom tau, tunggu aja kalii yach di next post. Sorry neh udah ngatuk, ntar gw gak keburu tidur. Klo mo search di om google juga ada ko` :D

C ya.......

No comments: